top of page

Kyabje Trijang Rinpoche III, Lobsang Yeshe Tenzin Gyatso

"Engkau yang menggabungkan kebijaksanaan semua penakluk, penegak utama ajaran tanpa noda, pelindung yang menjelma dan menarik samudera mandala tak terhitung jumlahnya. Oh Guru yang baik hati, di kaki-Mu aku memohon"

-Permohonan Kepada Kyabje Trijang Rinpoche-



Yang Mulia Kyabje Trijang Rinpoche merupakan Junior Tutor untuk H.H. Dalai Lama XIV. Berasal dari keluarga yang taat, ayah Trijang Rinpoche, Tserin Dondrub, merupakan keturunan dari paman Dalai Lama VII, Losang Kelsang Gyatso, dan memiliki pengetahuan dalam spiritual. Ibunya, Tsering Drolma, berasal dari desa Gungtang Nanggong. Dianggap sebagai emanasi dari Vajrayogini, inkarnasi pertama Trijang Rinpoche adalah pengemudi kereta Chandra. Adalah Chandra yang mengawal Buddha Shakyamuni keluar dari istana untuk terakhir kalinya, untuk meninggalkan posisi duniawi untuk menjadi seorang Buddha. Chandra bertukar pakaian dengan Shakyamuni sebelum mengucap selamat tinggal, dan meninggalkannya untuk memulai jalan spiritualnya.


Kehidupan awal Trijang Rinpoche seperti reinkarnasi banyak makhluk agung lainnya. Keajaiban disaksikan pada saat kelahiran Trijang Rinpoche di Gungtang pada musim dingin tahun 1901 - dikatakan bahwa pohon apricot berbunga dan menghasilkan 30 buah aprikot pada saat kelahirannya meskipun itu musim dingin yang panjang. Sebelum Beliau bisa berjalan, Beliau menunjukkan minat yang besar dalam lukisan keagamaan, patung-patung, dan alat ritual Tantra; dan akan membuat seolah-olah ia membaca doa. Berita mengenai perilaku dewasa sebelum waktunya tersebut sampai kepada Ngarampa Losang Tendar dan Geshe Gendun Dragpa Chen. Mereka bertanggung jawab untuk menemukan reinkarnasi dari Losang Tsultrim Palden, yang merupakan Ganden Tripa dan mantan Trijang Rinpoche. Setelah mendengar anak tersebut, mereka melakukan perjalanan ke tempat kelahirannya dI Gungtang - melihat mereka, ia berteriak: "Gendun Dragpa!" dan kemudian meminta Gendun Dragpa untuk membasuh kakinya. Gendun Dragpa biasanya mencuci kaki Losang Tsultrim Palden ketika ia menderita rematik. Anak tersebut juga mengidentifikasi dengan benar patung Buddha pribadi, tasbih dan mangkuk milik mantan Trijang Rinpoche di antara beberapa pilihan. Tanda-tanda ini dan lainnya membawa rombongan pencari untuk menyimpulkan bahwa mereka mungkin telah menemukan inkarnasi yang benar.


Pada usia 5 tahun, Trijang Rinpoche bertemu Phabongkha Rinpoche dan menerima ajaran pertama, set Inisiasi menjadi Manjushri dari Silsilah Rahasia Tsongkhapa. Phabongkha Rinpoche dengan senang hati merawat anak tersebut. Hubungan yang kuat antara mereka berlangsung seumur hidup dan Beliau menjadi murid terdekat Phabongkha Rinpoche. Trijang Rinpoche menerima banyak ajaran yang mendalam dari Phabongkha Rinpoche, termasuk banyak petunjuk lisan dari Silsilah rahasia Gelugpa; dan Beliau juga ikut serta dalam retret Tantra. Beliau adalah asisten untuk penahbisan pemula HH Dalai Lama XIV dan menemaninya pada kunjungan ke China dan India, dan akhirnya ke pengasingan di India pada tahun 1959. Pada tahun 1954 Beliau ditunjuk sebagai asisten filsafat HH Dalai Lama XIV dan guru junior pribadinya selama lebih dari 40 tahun. Pada tahun 1967 Trijang Rinpoche mengajarkan Ratusan Dewa dari Tanah Sukacita (Gaden Lhagyama) kepada ratusan murid di Dharamsala, dan pada tahun 1970 Beliau memberi ajaran yang sama di Bodhgaya.


Pada tahun 1972, Beliau memberikan ajaran-ajaran yang lebih luas di Biara-biara Ganden Shartse dan Jangste. Trijang Rinpoche mengajar di banyak biara-biara besar dan lembaga di pengasingan di India, dan kemudian melakukan perjalanan ke banyak negara seperti Inggris, Perancis, Jerman dan Swiss, mengajar dan memberikan inisiasi.



Trijang Rinpoche III, Lobsang Yeshe Tenzin Gyatso, adalah salah satu guru Gelug yang paling menonjol dari abad XX. Hampir setiap guru Gelug hari ini telah menerima ajaran-ajaran atau inisiasi dari Trijang Rinpoche atau dari salah seorang siswa langsungnya.


Disadur dan disempurnakan dari :

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
Archive
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page