top of page

[TOLAK BALA 2020]

Ketika karma kita matang, kita tidak akan dapat menghindar. Kita hanya punya kesempatan untuk mengubahnya saat karma itu belum matang.


Potensi-potensi negatif harus dilawan dengan potensi-potensi positif. Potensi positif itu harus dibuat, diciptakan, bukan hanya ditunggu. Tolak bala adalah salah satu aktivitas pengumpulan potensi positif itu.


Sangha monastik bersama-sama dengan para perumah tangga Kadam Choeling Indonesia mengadakan Puja Tolak Bala yang telah menjadi Agenda Kegiatan Tahunan Kadam Choeling Indonesia. Rangkaian Puja Tolak Bala 2020 diadakan di Biara Indonesia Tuṣita Vivaraṇācaraṇa Vijayāśraya pada tanggal 11-14 Februari 2020 dan di Bandung pada tanggal 14-16 Februari 2020. Rangkaian puja akbar ini terdiri atas: > Guru Yoga Kepada Lama Tsongkhapa (Gaden Lha Gyama) > Pujian Kepada Aryā Tarā (Drolma Korcey) > Pujian Kepada 16 Arahat (Ney Cu Shug So) > Upacara 400 Persembahan Pengumpul Semua Kemakmuran Dan Kesejahteraan Serta Pelenyap Semua Halangan (Gyashi) > Permata Pengabul Harapan Ritual Singkat Inti Sutra Bhagawan Bhãişajyaguru > Ritual Tahapan Menghalau Mara (Sernying Dudog) > Persembahan Torma kepada Penjaga Dharma (Dagwei Torbul) > Ritual Tiga Bagian (Cha Sum) > Pujian Kepada Sang Penakluk Jedunma (Gyelwa Jedunma) > Pujian Kepada Pelindung Dharma yang Bertindak Cepat (Gonpei Toypa) > Doa Agar Ajaran Je Tsongkhapa Berkembang dan Menyebar Luas (Lozang Gyeltenma) > Puja Api Meningkatkan (Pauṣṭika Agnihotra Yajñā) > Doa-Doa Dedikasi (Monlam)


Semoga kebajikan yang telah dikumpulkan bersama-sama ini dapat menghalau segala ketidakberuntungan, memunculkan berbagai pertanda baik, kemakmuran, kesejahteraan, dan keberuntungan di Indonesia dan seluruh dunia. Semoga semua praktisi Dharma dapat terus mengembangkan praktik spiritual mereka di mana pun mereka berada.

*


Sangha Monastik KCI membuka kesempatan bagi yang ingin menjalani kehidupan monastik untuk bersama-sama belajar dan melatih diri mengembangkan batin dengan menjalani keseharian sesuai Dharma Sang Buddha, melakukan berbagai aktivitas bajik pengembangan batin, serta mencapai tujuan tertinggi.


Untuk memfasilitasi mereka yang beraspirasi untuk melatih gaya hidup monastik, Sangha Monastik KCI akan menggulirkan program Pelatihan Pra-Penahbisan Tahun 2020. Program ini dirancang untuk mempersiapkan para pabbajita dengan pemahaman, motivasi, serta kualitas yang diperlukan untuk melangkah maju saat menerima penahbisan sramanera dan biksu agar bisa menjalani kehidupan monastik dengan sebaik-baiknya.


Untuk info lebih lanjut, silakan hubungi Sandi (Sekretariat Sangha Monastik KCI/0857-1804-1744)

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
Archive
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page