top of page

Menyenangkan Guru Melalui Pembelajaran Nyata

Kabar Gembira!!!


Pada tanggal 8 April 2017, telah dirampungkan kelas terakhir dari topik Pramana Vartikka untuk tim Tshen Nyiy. Tim Tshen Nyiy belajar di Kadam Choeling Indonesia cabang Malang yang merupakan tim yang dibentuk di dalam Sangha Kadam Choeling Indonesia yang dikhususkan belajar filsafat Buddhisme dari 5 topik besar, seperti yang dipelajari biara-biara di Tibet dan India. Berkat kebaikan hati Y.M. Dagpo Rinpoche dan Ven. Lobsang Palbar, Kelas Pramana ini sudah dilalui selama kurang lebih 4 tahun dengan topik inti: duydra, tagrig, dan lorig.






5 topik besar yang dipelajari, adalah: Pramana Vartikka (Commentaries of logic), Prajnaparamita (Perfection of Wisdom), Madhyamika (Avoidance of Extremes/Jalan Tengah), Vinaya (Canons of Monastic discipline), Abhidharmakosh (Treasure house of knowledge). Kelima topik dipelajari secara cermat dengan metode debat dialektika menggunakan teks-teks India serta komentar-komentar India dan Tibet kepada mereka untuk jangka waktu 20-an tahun. Untuk ujian, para biksu harus menjalani ujian lisan dan ujian debat terkait teks-teks kurikulum ketika tiba masanya mereka diuji. Setelah menyelesaikan ujian-ujian di biara, mereka akan menerima gelar Sarjana Filsafat Buddhis (Geshe) dan lanjut ke Universitas Tantra lebih rendah untuk mempelajari filsafat Tantra.


Semoga apa yang telah dipelajari dapat membuahkan realisasi yang menyenangkan hati para guru dan bermanfaat untuk semua makhluk.


Setelah ini, tim Tshen Nyiy akan mulai masuk ke kelas Prajnaparamita.

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
Archive
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page