top of page

Retret yang selalu ditunggu-tunggu.

Aktivitas utama anggota Sangha adalah meningkatkan kualitas batin terutama melalui belajar dan perenungan. Selain aktivitas rutin harian, baik pribadi maupun kelompok, sesekali mereka juga memiliki kesempatan untuk lebih intensif belajar dan merenung, sekaligus mendapat bimbingan berharga dari seorang Guru yang telah memiliki pemahaman dan mencapai realisasi ajaran. Kesempatan yang sungguh baik itu diwujudkan dalam bentuk kegiatan retret yang diselenggarakan oleh KCI satu kali setiap tahun di Indonesia. Anggota Sangha KCI beserta umat dari berbagai kota, bahkan dari negara lain, selalu menantikan kegiatan retret yang dibimbing oleh YM Dagpo Rinpoche ini.


Retret pertama oleh Dagpo Rinpoche dilaksanakan tahun 2005 di Bandung. Sejak saat itu, setiap tahun Rinpoche selalu datang untuk membabarkan Dharma di Indonesia hingga saat ini. Sejak tahun 2014 acara pembabaran Dharma ini makin banyak peminatnya dan dikenal dengan nama South East Asia Lamrim Festival.

.

Kegiatan utama retret ini adalah pembabaran Budhadharma berdasarkan sebuah tradisi yang berasal dari Asia Selatan, berawal dari Atisha Dipamkara Shrijnana, yang berguru kepada seorang pangeran Sriwijaya bernama Shri Suwarnadwipa, atau dikenal juga sebagai Dharmakirti. (Suwarnadwipa artinya pulau emas.) Ajaran yang berharga ini diturunkan dan diteruskan dari generasi ke generasi. Dari Indonesia, di bawa ke India lalu disebarkan di Tibet dan kini kembali lagi ke Indonesia.




Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
Archive
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page