top of page

SAKA DAWA DUCHEN : BULAN PENGUMPULAN KEBAJIKAN

Saka Dawa disebut sebagai "bulan manfaat" bagi umat Buddha Tibet. Dawa berarti "bulan" dalam bahasa Tibet, dan "Saga" atau "Saka" adalah nama bintang yang menonjol di langit selama bulan kalender lunar keempat saat Saga Dawa diamati. Saga Dawa biasanya dimulai pada bulan Mei dan berakhir pada bulan Juni.


Saka Dawa adalah bulan yang khusus didedikasikan untuk "berbuat kebaikan." Kebajikan dipahami dalam banyak hal dalam Buddhisme. Kita bisa menganggapnya sebagai buah karma yang baik, terutama dapat membawa kita lebih dekat ke pencerahan.


Seperti peringatan tradisi Theravada tentang Waisak, Saga Dawa Duchen memperingati kelahiran, pencerahan dan kematian (parinirvana) dari Buddha historis.


Dalam ajaran Buddhis masa awal, tiga dasar tindakan bajik adalah kemurahan hati (dana), moralitas (sila), dan olah mental atau meditasi (bhavana), walaupun ada banyak cara untuk membuat kebaikan.


Bagi umat Buddha Tibet, bulan Saga Dawa adalah saat yang paling tepat untuk melakukan tindakan bajik. Karena pada Saga Dawa Duchen, manfaat tindakan setara dikalikan 100.000 kali.


Tindakan bajik dapat termasuk ziarah ke tempat-tempat suci. Umat juga pergi ke vihara, kuil dan stupa yang dihormati untuk berpradaksina sambil melantunkan mantra. Umat juga melakukan perjalanan untuk bertemu dengan orang suci, seperti seorang Guru yang agung.



Menyalakan lampu mentega adalah praktik kebajikan yang umum. Secara tradisional, lampu mentega dibakar menggunakan mentega yak, tapi belakangan ini mereka mungkin akan diisi dengan minyak sayur. Lampu tersebut dikatakan bisa menghalau kegelapan spiritual sekaligus kegelapan visual. Kuil Tibet menyalakan banyak lampu mentega; Menyumbangkan minyak lampu adalah cara lain untuk membuat manfaat bajik.


Dana, atau pemberian, mungkin merupakan cara yang paling umum bagi umat Budha dari semua tradisi untuk menghasilkan sesuatu, terutama memberi sumbangan ke kuil atau biarawan dan biarawati. Selama Saga Dawa, ada baiknya juga memberi uang kepada pengemis.


Anda dapat memberikan persembahan kepada anggota sangha sebagai ladang yang unggul dengan mengunjungi http://sanghakci.wixsite.com/sanghakadamchoeling/berdana. Setelah berdana, nama dedikasi akan dibacakan saat doa harian para anggota sangha.

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
Archive
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page