top of page

Membuka Kesempatan : Teruntuk Mereka Yang Ingin Melatih Diri Menyempurnakan Batin


"Saya memanggil anda semua di luar sana yang beraspirasi, datanglah dan berlatih."

-Biksu Bhadraruci-


“Seseorang menjadi biksu, bukanlah dikarenakan seorang telah menjalani ritual penahbisan dari awal hingga selesai. Melainkan, seorang dengan kualitas tertentu yang mengikatkan diri pada suatu bentuk latihan spiritual.

Biksu bukan profesi! Bukan untuk cari makan, cari nyaman, cari tenar! Karena jika demikian halnya, sungguhlah orang tersebut pantas sebagai seorang perumahtangga. Lebih lanjut jika keseluruhan hidupnya adalah untuk mengejar pencapaian duniawi dari untung-rugi, ketenaran, kenikmatan, dan sebagainya, orang tersebut adalah non-buddhis bahkan non-spiritual. Di sisi lain, bagi mereka yang beraspirasi meraih kebahagiaan diri sendiri ataupun mahkluk lain, bertekad untuk mengalihkan pemikiran mereka dari duniawi, bersedia untuk melatih diri untuk penyempurnaan batin; maka, bagi merekalah latihan sebagai biksu akan menghasilkan panen kualitas penolakan samsara, dan berbagai kualitas baik lainnya.

Namun jangan berpikir seorang yang menjadi biksu haruslah orang (yang sudah) suci; Justru kebiksuan adalah lebih relevan bagi mereka yang jauh dari kesucian, namun setidaknya mau melatih gaya hidup monastik. Sebuah kemauan sebagai awal dan akar, pendukung lain bermunculan setelahnya.”, kutipan dari kata sambutan Biksu Bhadraruci.


Untuk memfasilitasi mereka-mereka yang beraspirasi untuk melatih gaya hidup monastik, Sangha Kadam Choeling Indonesia telah menggulirkan program Pre-Ordination Course (POC). Program dirancang untuk membiasakan para calon sangha dengan kehidupan harian Sangha KCI. Program yang terdiri dari kegiatan puja harian, kelas menghafal, maupun kelas lamrim ini dapat dilihat secara rinci pada tabel dibawah ini.



Bagi yang berminat untuk di seleksi mengikuti program POC ini dapat mengunjungi tautan Kesempatan Bergabung atau menghubungi Sandi/Sekretariat Sangha (0857-1804-1744)

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
Archive
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page