top of page

Pesan Drepung Tripa Kenzhur Rinpoche Lobsang Tenpa Kepada Dua Samanera Baru Sangha Kadam Choeling In

Satu bulan sudah, 2 orang samanera baru, Yang Luhur Losang Monlam dan Losang Yeshe, menjalani kehidupan seorang samana. Pentahbisan samanera oleh Drepung Tripa Kenzhur Rinpoche Lobsang Tenpa di Hari Waisak 2561/2017 yang jatuh pada 11 Mei 2017, merupakan pentahbisan sangha pertama di Pusdiklat Jina Putra Tushitavijaya, Malang.



Dalam momen bersejarah tersebut, Drepung Tripa Kenzhur Rinpoche Lobsang Tenpa memberikan beberapa pesan kepada dua orang samanera baru Sangha Kadam Choeling Indonesia. Pesan-pesan tersebut, antara lain : Bersukacitalah, karena kebajikan yang dihasilkan oleh orang yang memasuki jalan samana jauh lebih besar dibanding orang yang bahkan mempersembahkan anaknya. Melihat usia para samanera yang sudah cukup dewasa saat memilih jalan ini, seharusnya samanera bisa melihat bedanya kehidupan orang awam dan samana. Kehidupan samana lebih bahagia.


Kenzhur Rinpoche juga menekankan bahwa jalan samana inilah satu satunya jalan untuk mencapai Kebuddhaan, tidak ada Buddha yang mencapai pencerahan tanpa melalui jalan samana ini. Setelah para samanera ditahbiskan menjadi samana, janganlah berpikir untuk mengembalikan sila. Dan belajarlah yang banyak. Rinpoche menyarankan para samanera untuk belajar Chenyi (Filsafat Buddhis). Beliau berkata, “setelah belajar Chenyi, pemahaman Lamrim akan semakin mendalam dan mudah untuk mempelajari teks lainnya.”


Bertemu guru yang berkualitas dan berkesempatan menjalani kehidupan seorang samana merupakan berkah yang luar biasa besar. Untuk memperoleh kesempatan tersebut tentunya perlu menciptakan sebab dengan kebajikan besar. Oleh karena itu, Program Pre-Ordination Course (POC) Sangha Kadam Choeling Indonesia menekankan motivasi kuat serta kedisiplinan dalam beraktivitas bajik. Dengan mengikuti program POC ini, diharapkan para calon Sangha KCI bisa terbiasa dengan hidup keseharian seorang sangha serta mengumpulkan kebajikan besar guna memperoleh kesempatan langka bertemu guru berkualitas serta menjalani kehidupan seorang samana.


Bagi yang berminat untuk di seleksi mengikuti program POC ini dapat mengunjungi tautan Kesempatan Bergabung atau menghubungi Sandi/Sekretariat Sangha (0857-1804-1744)

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
Archive
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page