top of page

Yang Mulia Dalai Lama Menunjuk Ganden Tripa ke-104


Yang Mulia Dalai Lama XIV telah menunjuk Jangtse Choejey Kyabje Jetsun Lobsang Tenzin Palsangpo sebagai Ganden Tripa ke-104, kepala sekolah Gelug Buddhisme Tibet, menurut informasi yang diterima dari Y.M. Atuk Tseten dan Y.M. Gowo Lobsang Phendey, anggota Parlemen Tibet yang mewakili sekolah Gelug . Penunjukan tersebut diumumkan melalui surat resmi tertanggal 24 Juni 2017.


Penunjukan tersebut disebabkan oleh kematian mendadak dari Ganden Tripa ke-103 Jetsun Lobsang Tenzin Rinpoche yang meninggal pada 21 April 2017 sebelum menyelesaikan masa jabatan tujuh tahun.


Ganden Tripa 'Pemangku Tahta Ganden' adalah judul kepala spiritual sekolah Gelug Buddhisme Tibet. Je Tsongkhapa (1357-1419), yang mendirikan sekolah Gelug adalah Ganden Tripa pertama. Garis silsilah ini, sejak, telah dipegang oleh banyak Ganden Tripa.


Ganden Tripa adalah kantor yang ditunjuk, bukan garis keturunan reinkarnasi. Itu terjadi sekali dalam tujuh tahun (Selesai masa jabatan) atau lebih awal (karena kejadian tak terduga seperti kematian). Gelar itu diberikan secara bergantian pada salah satu dari dua Chojeys - Sharpa Chojey atau Jangtse Chojey. Penunjukan ini didasarkan pada prestasi akademis yang merupakan dasar dari perkembangan hirarkis.


Meskipun penunjukan Gaden Tripa bersifat otomatis, biasanya dikonfirmasi oleh Yang Mulia Dalai Lama yang mengumumkan pengangkatan atau calon pada saat pergantian.



Biografi 104th Gaden Tripa Kyabje Jetsun Lobsang Tenzin Palsangpo


Kyabje Jetsun Lobsang Tenzin Palsangpo lahir di Tibet pada tahun 1934, Rinpoche ditahbiskan sebagai seorang bhikkhu pada usia tujuh tahun. Mengikuti Yang Mulia Dalai Lama XIV ke pengasingan pada tahun 1959, Beliau memasuki Biara Sera Je dimana beliau terdaftar di Tsangpa Khangtsen pada usia tujuh belas tahun.


Mengikuti studi filsafat Buddhis yang ketat, beliau memperoleh kehormatan tertinggi untuk gelar Geshe Lharampa pada tahun 1979 setelah ujian debat yang dihadiri oleh Yang Mulia Dalai Lama XIV dan para Cendekiawan senior Budha lainnya.


Setelah menerima gelar Geshe Lharampa, beliau masuk ke Universitas Tantra Gyume dan dua tahun kemudian menjadi kepala disiplin. Rinpoche juga mempelajari ajaran esoteris tentang tradisi Mahayana secara ekstensif saat berada di sana di Universitas Tantra Gyume.



Pada tahun 1985, Yang Mulia Dalai Lama XIV menunjuk beliau sebagai kepala biara Universitas Tantra Gyume, sebuah posisi yang dipegangnya selama 6 tahun.


Sejak itu beliau telah banyak mengajar di India dan Barat. Beliau juga merupakan Pembimbing Spiritual di Ngak Kunphen Ling dharma center yang berbasis di Amerika Utara.


Beliau diangkat ke posisi Jangtse Choje pada tahun 2010, yang menempatkannya di urutan kedua untuk posisi Gaden Tripa setelah Sharpa Chojey mendiang Jetsun Lobsang Tenzin pada saat itu.



Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
Archive
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page