top of page

KASIBHARADVAJASUTTA: Bhiksu Bukan Hanya Berdiam Diri, Melainkan Mereka Berusaha Mencapai Tujuan Tert



Demikianlah yang telah ku dengar:


Pada suatu waktu Bhagava (Sang Buddha) tinggal di Magadha di Dakkhinagiri di desa Ekanala Bramana. Dan pada saat itu, lima bajak Bramana Kasibharadvaja diikat (dengan kuk) pada musim tanam. Kemudian Bhagava (Sang Buddha), di pagi hari, setelah mengenakan pakaiannya dan mengambil mangkuk dan jubahnya, pergi ke tempat kerja Bramana Kasibharadvaja (sedang bekerja). Saat itu pembagian makanan oleh Bramana Kasibharadvaja sedang berlangsung. Kemudian Bhagava (Sang Buddha) pergi ke tempat pembagian makanan berlangsung, dan setelah pergi ke sana, dia berdiri secara terpisah. Bramana Kasibharadvaja melihat Bhagava (Sang Buddha) berdiri di sana untuk mendapatkan sedekah, dan setelah melihatnya, dia mengatakan ini pada Bhagava (Sang Buddha):


'Saya, O Samana (pertapa), dengan membajak dan menabur, dan setelah membajak dan menabur, saya makan; Anda juga, O Samana, harus membajak dan menabur, dan setelah membajak dan menabur, Anda bisa makan. ' 'Saya juga, O Bramana, dengan membajak dan menabur, dan setelah membajak dan menabur, saya makan,' kata Bhagava (Sang Buddha).


'Namun kami tidak melihat kuk, atau bajak, atau mata bajak, atau tongkat halauan, atau lembu dari Gotama (Sang Buddha) yang terhormat.'


Dan kemudian Gotama (Sang Buddha) yang terhormat berbicara dengan cara ini:


'Saya juga, O Bramana, dengan membajak dan menabur, dan setelah membajak dan menabur, saya makan,' kata Bhagava (Sang Buddha).


Kemudian Bramana Kasibharadvaja berbicara kepada Bhagava (Sang Bhagava) dalam sebuah bait:


1. 'Anda mengatakan anda seorang pembajak, namun kami tidak melihat bajakan Anda; berbicara mengenai bajakan Anda, beritahu kami (tentang itu), bahwa kami mungkin tahu bajakan Anda. ' (76)


2. Bhagava (Sang Buddha) menjawab: 'Keyakinan adalah benih, tapa (penebusan) adalah hujan, panna (pemahaman pengalaman langsung) merupakan kuk dan bajak saya, kesederhanaan adalah tiang bajak, pikiran adalah tali kekang, perhatian saya merupakan mata bajak dan tongkat halauan saya. (77)


3. 'Saya menjaga dalam hal tubuh, saya menjaga dalam hal berbicara, sedang makan; Saya berkata benar untuk memotong (tanaman liar), kelembutan adalah pembebasan saya. (78)


4. 'Kekuasaan adalah beban saya; yogakkhema kendaraan saya, membawa (saya) ke Nibbana (pembebasan) Ia pergi tanpa kembali ke tempat di mana seseorang pergi tidak bersedih. (79)


5. 'Jadi bajakan ini dibajak, menghasilkan buah keabadian; Setelah membajak bajakan ini dibebaskan dari semua rasa sakit. ' (80)


Kemudian Bramana Kasibharadvaja, setelah menuangkan susu beras ke dalam mangkuk emas, mempersembahkan ke Bhagava (Sang Buddha), dengan berkata, 'Biarkan Bhagava yang terhormat makan nasi; Yang terhormat adalah seorang pembajak, karena Yang Mulia Gotama (Sang Budha) membajak pembajakan yang menghasilkan buah keabadian. '


6. Bhagava (Sang Buddha) berkata: 'Apa yang didapatkan dengan membacakan bait (Dharma) tidak boleh dimakan oleh saya; Ini adalah, O Bramana, bukan Dhamma yang orang-orang lihat secara benar; Buddha menolak apa yang diperoleh dengan membacakan bait (Dharma), ini adalah perilaku (para Buddha) selama Dhamma ada. (81)


7. 'Seseorang yang memiliki kemampuan hebat (Rshi, orang suci), yang hasratnya telah hancur dan kelakuan buruk telah hilang, Anda harus melayani dengan makanan dan minuman lainnya, karena inilah ladang bagi orang yang mencari kebajikan (tindakan) . ' (82)


'Kepada siapa, O Gotama (Buddha), saya baiknya memberikan susu beras ini?' demikian kata Kasibharadvaja.


'Saya tidak melihat, O Bramana, di dunia (manusia) dan dewa-dewa, Mara dan Brahmana, di antara makhluk-makhluk yang terdiri dari dewa dan manusia, dan Samana (bhikkhu) dan Bramana, susu beras ini dapat dicerna secara benar dengan pengecualian Tathagata (Sang Buddha), atau murid Tathagata. Oleh karena itu, O Bramana, Anda harus membuang susu beras ini ke tempat yang sedikit rumput, atau melemparkannya ke air tanpa cacing, demikian kata Bhagava (Sang Buddha).


Kemudian Bramana Kasibharadvaja melemparkan susu beras ke dalam air tanpa cacing. Setelah susu beras dilemparkan ke dalam air terciprat, mendesis, dan berasap; Sama seperti mata bajak yang sudah panas di siang hari saat dilemparkan ke dalam percikan air, berdesis, dan berasap, begitu juga dengan susu beras (saat) dilemparkan ke dalam air terciprat, mendesis, dan berasap.


Kemudian Bramana Kasibharadvaja khawatir dan ketakutan mendekati Bhagava (Sang Buddha), dan setelah mendekati dan bersujud dengan kepalanya di kaki Bhagava (Sang Buddha), dia mengatakan hal ini kepada Bhagava (Sang Buddha):


'Sangat bagus, wahai Gotama (Sang Buddha) yang terhormat! Ini sangat bagus, wahai Gotama (Sang Buddha) yang terhormat! Seperti seseorang mengangkat apa yang telah digulingkan, atau mengungkapkan apa yang telah disembunyikan, atau memberitahukan jalan kepadanya yang telah tersesat, atau mengeluarkan lampu minyak dalam kegelapan agar mereka yang memiliki mata dapat melihat benda-benda itu, seperti itulah oleh yang mulia Gotama (Sang Buddha) dengan berbagai cara Dhamma (telah) diilustrasikan. Saya berlindung pada Yang Mulia Gotama (Sang Buddha) dan Dhamma dan Sangha (Biksu); Saya ingin menerima pabbajja, saya ingin menerima upasampada (jubah dan perintah) dari Yang Mulia Gotama (Sang Buddha), 'kata Kasibharadvaja.


Kemudian Bramana Kasibharadvaja menerima pabbajja dari Bhagava (Sang Buddha), dan dia juga menerima upasampada; dan Bharadvaaja yang terhormat terakhir menerima upasampada, yang menjalani penyunyian, menarik diri, dari kesibukan, dengan bersemangat, energik, menjalani hidup yang singkat dalam keberadaan ini melalui usaha meditatifnya sendiri, pemahaman didapatkan dan memiliki kesempurnaan tertinggi dari sebuah hidup selibat demi orang-orang dari keluarga pengembara yang baik, jauh dari rumah mereka ke keadaan tanpa rumah. 'Kelahiran kembali telah hancur, sebuah kehidupan selibat telah dijalani, apa yang harus dilakukan telah dilakukan, tidak ada yang lain (yang harus dilakukan) untuk keberadaan ini,' demikianlah yang dirasakannya, dan Bharadvaaja yang terhormat menjadi salah satu arahat ( sepenuhnya tercerahkan).


Kasibharadvajasutta diakhiri.



Disadur dan diterjemahkan dari : http://tipitaka.wikia.com/wiki/SUTTA-NIPATA_1.4

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
Archive
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page