top of page

PELANTIKAN GESHE GURU FILSAFAT SANGHA KADAM CHOELING INDONESIA

Selamat kepada Gen Lobsang Palbar yang telah lulus dan dilantik sebagai Geshe. Gen Palbar merupakan guru Filsafat Sangha Kadam Choeling Indonesia.


Gelar Geshe pertama kali diberikan kepada guru Kadampa yang terhormat seperti Geshe Chekawa Yeshe Dorje (1102-1176 M) yang menulis sebuah naskah yang disebut Tujuh Poin Latihan Batin, serta Geshe Langri Tangpa (1054 -1123 M).


Geshe (singkatan dari dge-ba'i bshes-gnyen, "teman yang berbudi luhur"; terjemahan dari bahasa Sansekerta Kalyāņamitra ) adalah gelar akademik dalam agama Buddha Tibet yang diberikan kepada para biksu dan biksuni. Gelar ini khususnya digunakan oleh silsilah tradisi Gelug.


Kurikulum Geshe terdiri dari Studi eksoteris agama Buddha umumnya diatur dalam "lima topik", yaitu : pramāṇa, Abhidharma, Madhyamaka, Vinaya, dan Prajñā Pāramitā. Pembelajaran berlangsung antara 12 hingga 40 tahun, menekankan pada penghafalan teks dan debat dialektika, serta selalu diajarkan dengan bahasa Tibet.


Setiap tahun diadakan ujian untuk mereka yang telah menyelesaikan studi. Di dalamnya pembelajaran mereka dievaluasi oleh kepala biara institusi monastik. Topik untuk ujian dialektik mereka diambil dari seluruh program studi dan topik yang akan diperdebatkan dipilih oleh kepala biara di tempat, sehingga calon geshe tidak memiliki kesempatan untuk melakukan persiapan khusus. Dengan demikian, ini adalah ujian nyata kemampuan dan kedalaman studi calon geshe. Pada akhirnya kepala biara mengelompokkan masing-masing kandidat ke kategori geshe sesuai dengan kemampuan mereka. Ada empat kategori seperti itu, Dorampa, Lingtse, Tsorampa dan Lharampa, Lharampa adalah yang tertinggi. Setelah ini, untuk memenuhi syarat, para kandidat tidak diperbolehkan melewatkan satu pun dari tiga sesi debat harian selama delapan bulan berikutnya.


Sangha Kadam Choeling Indonesia membuka kesempatan untuk para individu yang beraspirasi pada kebahagiaan sejati untuk bersama-sama melatih diri mengembangkan batin. Menjalani keseharian sesuai Dharma Sang Buddha, berbagai aktivitas bajik pengembangan batin, serta mencapai tujuan tertinggi.


Untuk pendaftaran dan info lebih lanjut, silahkan menghubungi: Sandi (Sekretariat Sangha KCI/0857-1804-1744)

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
Archive
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page