top of page

Dagpo Rinpoche Losang Jampel Jampa Gyatso (2) : Seorang Lama dari Silsilah Tinggi




Apakah beliau seorang Buddha? Beliau menolak dengan tegas. "Seandainya saya seorang Buddha maka saya akan mengetahuinya. Dan untuk mengetahuinya, seseorang harus mempunyai sifat-sifat seorang Buddha. Dan saya tidaklah demikian." Tetapi diantara orang-orang yang dekat dengan beliau, ada yang mengatakan bahwa beliau adalah seorang Buddha. Jika ditanya, Dagpo Rinpoche akan menjawab, "Itu urusan mereka, tetapi mereka tidak tahu siapa sebenarnya seorang Buddha." Beliau tidak akan menambah kata-kata apa pun lagi. Hanya masa depan yang menarik untuk beliau. Masa depan? Beliau menjawab, "Pengajaran Lamrim, praktik spiritual, dan altruisme".


Bagaimana beliau bertindak dalam kehidupan sehari-hari? Bagi Thupten Phuntshog atau Geshe la, orang yang telah melihat semuanya sejak pertemuan pertama pada tahun 1945 di Dagpo Dratsang dan yang telah menjadi asistennya sekaligus kakaknya, beliau mirip sekali dengan pendahulunya. Sopan dan pendiam seperti pendahulunya, beliau tidak suka memamerkan kemampuan intelektual dan status sebagai seorang lama. Thupten Phuntshog menambahkan bahwa Dagpo Rinpoche selalu berhasil dengan apa yang beliau mulai jalankan dan beliau selalu konsisten mewujudkan gagasannya. Sebagai contoh, beliau meneruskan sendiri pelajarannya di Perancis setelah penyerbuan oleh Cina dan pengasingan ke India, dengan mempelajari seluruh kanon kitab-kitab Buddhis dengan uraiannya yang berjumlah lebih dari 300 kitab. "Saya tidak pernah melihat beliau terpisah dari kitab-kitabnya", menutup teman lama beliau sambil tertawa. "Beliau sering lupa tidur dan saya harus sering mengingatkan bahwa sudah waktunya untuk mematikan lampu.”


Rosemary Patton, salah satu penerjemah beliau yang bekerja di sisinya sejak 20 tahun lalu sambil mengikuti pengajarannya, menceritakan kerendahan hati beliau, "Di Pusat Bahasa Timur, beliau tidak pernah mengatakan bahwa beliau adalah seorang lama dan tidak pernah mencari pengikut. Beliau tidak mau membicarakan mengenai Buddhisme. Murid-murid mengenal beliau dengan nama Tuan Jhampa, itu saja. Dengan cepat saya merasa kagum akan humornya, ketenangan, kesabaran dan kesediaannya untuk semua orang. Kemampuannya untuk beradaptasi sesuai karakter dan kemampuan murid-muridnya. Beliau benar-benar tertarik

dengan semua orang. Dalam kereta, sebagai contoh, beliau dapat berkomunikasi dengan mudah dengan sesama penumpang, membuat hubungan yang akan terus berlanjut, hubungan yang beliau tidak akan pernah putuskan. Beliau orang yang setia. Beliau hidup untuk membantu orang lain, secara diam-diam, tanpa berpura-pura sebagai guru besar, bukan seperti orang lain yang menyombongkan dirinya, beliau berperangai halus, hemat, dengan baju dari bahan berkualitas yang beliau akan pakai sampai usang. Beliau tidak mementingkan uang dan mengembalikan semua yang beliau terima kepada biara-biara Tibet yang dibangun kembali di India. Seperti sebagian besar orang Tibet, beliau murah hati dan ramah. Beliau terampil dalam kerajinan tangan, seperti banyak lama yang sangat berbakat. Beliau bisa menjahit dan memasak. Dalam semua keadaan, beliau berprilaku halus, sopan, tahu batas, dan sederhana. Beliau tidak berpanjang kata tentang diri beliau sendiri dan tidak pernah menunjukkan perasaannya kecuali saat beliau mengingat guru-guru beliau yang sudah meninggal. Bekerja bersama beliau adalah pelajaran tanpa ada batasnya. Singkat kata, jika sifat saya sedikit lebih baik, itu adalah hanya berkat beliau."


Marie-Stella Boussemart, mengajar bahasa Tibet di Pusat Bahasa Timur setelah menjadi murid Dagpo Rinpoche dan menerjemahkan pengajarannya. Ia berkata, "Semua murid mengagumi Tuan Jhampa. karismanya membuat orang terkagum. Pada saat itu beliau berumur 42 tahun dan sangat tampan. Waktu saya berbicara dengan beliau untuk pertama kalinya tentang orang yang mengganti agama, karena saya tidak berani membicarakan terus-terang tentang subjek ini, beliau menjawab dengan wajah serius, "Menurut saya, berpindah agama adalah sesuatu yang bodoh." Sebagai contoh, seorang perempuan yang beliau sering dengar curahan hatinya -seperti biasa untuk memahami dan membantu- akhirnya memeluk kembali agama kristen setelah pengajaran oleh Dagpo Rinpoche dan memutuskan untuk masuk biara katolik di Reuilly. Sang biarawati yang merasa sangat ingin tahu, meminta Rinpoche (semua memanggil beliau seperti itu) untuk menguraikan Iandasan Buddhisme dan berdialog dengan mereka.


"Di Pusat Bahasa Timur, beliau sangat populer. Murid beliau yang berjumlah sekitar 30 orang datang ramai-ramai ke kelas beliau dan membolos dari kelas yang lain. Beliau tidak membicarakan Tibet dan juga tidak membicarakan Buddhisme. Seandainya kami bersikeras, beliau meminta kami bertanya ke guru-guru yang lain, teman beliau. Beliau sendiri tidak tahu apa-apa, katanya. Kemudian untuk kebahagiaan kami, beliau akhirnya mengakui statusnya sebagai Seorang lama dan setuju, karena saya bersikeras, untuk menjadi guru spiritual saya. Sejak itu saya selalu terpesona oleh kemampuannya yang tanpa batas sebagai seorang guru. Sebagai contoh, beliau membuat saya menunggu selama 20 tahun sebelum memberikan saya izin untuk menjadi biksuni pada tahun 1997!


"Akhirnya, menjabarkan semua kualitas beliau adalah suatu kemustahilan... Saya hanya bisa menyebutkan beberapa yaitu kebaikan hati, kesabaran tanpa batas (itu yang diperlukan!), kehalusan, humor, tetapi juga... ketegasan dan tetap tidak goyah. Menurut saya, beliau adalah Buddha Maitreya, yang mewujudkan cinta kasih dan altruisme."


~Jean-Philippe Caudron~


Disadur dari "Lama Dari Tibet" Sebuah Autobiografi Oleh Dagpo Rinpoche bersama Jean-Philippe Caudron; Desember 2008

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
Archive
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page